Mobil merupakan aset yang berharga, karena itu kita harus merawatnya dengan baik. Selain badan luar mobil yang harus secara teratur dibersihkan, interior mobil juga hendaknya dibersihkan secara teratur. Bagian dalam mobil yang tidak terawat bukan hanya menimbulkan bau dan tidak enak dilihat, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan masalah kelistrikan mobil.
Membersihkan interior sebenarnya pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Membersihkan interior termasuk membuang sampah, menyedot debu, membersihkan bagian interior dan mengoleskan obat untuk memprotek bagian-bagian interior.
Langkah-langkah untuk membersihkan interior:


1. mengeluarkan semua barang barang dari mobil termasuk payung dan kotak tisu, juga karpet mobil.
2. membuang semua sampah dari dalam mobil baik sampah kecil maupun besar.
3. menyedot semua debu dan kotoran dari mobil, dimulai dari bagian atas ke bagian bawah. Sedot debu di semua area, jangan lupa bersihkan bagian bawah jok dan juga bagian dalam laci. Jok mobil sebaiknya digeser ke bagian depan lalu bagian belakang agar lebih mudah membersihkan bagian bawah jok tersebut.
4. Bersihkan bagian karpet mobil yang kotor menggunakan obat karpet seperti meguiar atau merk lain yang berkualitas. Semprotkan obat pembersih pada karpet yang kotor lalu biarkan sampai obat meresap, lalu gosok menggunakan sikat. Sedot kotoran yang terlepas menggunakan vacuum yang bisa digunakan menyedot kotoran yang basah. Letakkan lap dan tekankan diatas karpet yang basah untuk mengeringkannya.
5. Jok mobil juga harus dibersihkan, gunakan obat yang sesuai dengan jenis jok anda. Semprotkan obat tersebut lalu keringkan dengan lap. Bila jok terbuat dari kulit sebaiknya gunakan conditioner untuk kulit agar jok kulit tetap terawat dan tidak mudah pecah.
6. Bersihkan bagian kaca menggunakan pembersih kaca. Jangan menyemprot pembersih kaca secara langsung di kaca agar obat pembersih kaca tidak mengenai bagian lainnya. Semprot obat ke lap lalu gunakan lap tersebut untuk membersihkan kaca. Gunakan obat permbersih kaca untuk membersihkan spion bagian luar dan dalam mobil.
7. Gunakan pembersih interior untuk membersihkan dashboard, bagian trim dan bagian di pintu mobil. Seperti pembersih kaca, pembersih interior ini sebaiknya disemprotkan ke lap yang akan digunakan untuk membersihkan.
Bagian dalam mobil sudah bersih, sekarang bisa melanjutkan dengan mencuci bagian luar mobil.

0 comments so far,add yours